Sabtu - 1 komentar

Kiat Sukses Menjadi Pengusaha Muda

Pengusaha Muda
              Generasi muda merupakan tulang punggung atau pewaris tunggal sebagai penyambung tali estafet suatu bangsa ,  menjadi  menjadi tersendiri  apakah bangsa tersebut memiliki prospek yang baik ataupun buruk itu semua dapat dinilai dari kualitas generasi penerus yang ada didalamnya. 
                Masa muda bisa di ibaratkan periode panjang dari ketidak stabilan taraf usia yang bisa menyajikan ekspresi dan kreatifitas yang cenderung tidak terbatas di berbagai hal dan sudut pandang, baik itu didalam berkarya , berprestasi , berkreasi atau berinovasi, semua itu bisa mereka lakukan dengan lebih ekspresif sesuai dengan ciri khas anak muda yang memiliki gairah dan semangat yang tiada batas.
                Kita sebagai generasi muda seharusnya cepat menyadari potensi alami yang dengan gratis di anugerahkan oleh sang pencipta ini, kembangkan segala hal positif sesuai dengan minat dan kelebihan kita masing masing , karena masa muda bisa di ibaratkan seperti "kertas kosong" yang bisa kita isi dengan hal apapun yang kita inginkan. "Tulisan" yang akan tercipta nanti tidak lepas dari latar belakang pendidikan , bimbingan orang tua , dan pengaruh lingkungan . Jika kita selalu menerima hal yang positif maka kita akan menjadi pemuda yang mempunyai semangat ingin maju , tidak mudah putus asa , berjiwa pemimpin dan memiliki pola fikir yang sehat . Tapi jika sebaliknya ,? maka kita hanya akan jadi pemuda yang selalu lari dari masalah , berjiwa labil , mudah menyerah dan bahkan hanya akan membentuk seorang manusia pengecut yang hanya bisa menriakkan haknya tanpa memikirkan kewajiban yang seharusnya mereka lakukan.
               Tak bisa dipungkiti pemikiran anak muda pada zaman sekarang bisa dibilang lebih berani dan lebih kritis , mencerminkan ciri khas seorang manusia yang masih mencari jati diri . sanggup mengemukakan pendapat dan mempertahankan pandangan walau terkandang tak selamanya yang mereka pertahankan itu benar,. itulah jiwa muda, berani , cekatan , antusias , ambisius , optimis , bahkan gegabah dan terkadang terlihat begitu nekat.  
banyak pilihan didalam hidup ini , banyak kesenangan yang dapat kita raih sesuai dengan minat dan kesenangan masing masing , sebagian orang ingin bekerja di balik meja dengan ruangan ber- AC sementara sebagian lagi ingin menjalani hidup dan menghasilkan rupiah dari memulai suatu usaha yang di dasari keinginan yang kuat dan konsep yang jelas . Sah-sah saja jika anak muda ada yang memilih menjadi young entrepreneur , apa salahnya ? kenapa masih ada orang tua atau lingkungan yang meragukan niat seperti ini . telah banyak contoh dan bukti nyata para pengusaha muda yang sukses di seluruh negeri , mereka bermodal tekad kuat ,keyakinan dan konsep yang matang . Memang benar anak muda cenderung labil dan mudah menyerah , tapi itu semua tergantung dari keteguhan hati orang itu sendiri , mesti ada orang penyeimbang dibalik mereka semua , seperti orang tua ataupun keluarga , tapi bukan berarti kita tidak bisa menentukan keputusan dan berjalan sendiri , mereka (orang tua dan keluarga) hanya menjadi alarm jika kita sudah mulai agak melenceng dari visi yang kita targetkan sebelumnya .
                    Memulai usaha di usia yang relatif muda menjadi sebuah modal tersendiri , kita masih punya kesempatan untuk lebih banyak belajar , memahami dan memperbaiki kesalahan agar tidak terulang dikemudian hari. Banyak-banyaklah bertanya dan mendiskusikan segala hal yang kita anggap masih membingungkan atau memerlukan pernjelasan , bertanyalah kepada mereka yang telah lebih dulu berkecimpung di dunia bisnis . sedikit tips dan saran jadikan referensi agar dapat meraih hasil yang lebih maksimal , jangan terlalu takut atau gengsi untuk bertanya , jangan takut untuk terlihat bodoh , lebih baik begitu daripada kita hanya terlihat pintar padahal kita tidak tahu apa yang kita lakukan .

sisi positif dan negatif anak muda yang akan dan telah menjadi pengusaha

sisi positif

1. kreatif
tidak ada teori yang menyatakan secara pasti tentang kreatifitas lebih cenderung dimiliki oleh anak muda dibandingkan oleh orang yang memiliki usia yang lebih matang , tapi kenyataan dilapangan membuktikan hal yang demikian. maka tidak ada salahnya menggabungkan hal ini dengan usaha yang akan anda geluti nanti , terlihat beda tidak akan membuat usaha kita sepi atau tidak memiliki konsumen , tergantung apakah sesuatu itu mengikuti selera pasar ( katakanlah selera anak muda ) atau tidak . apakah kita menggunakan manajemen yang baik atau tidak, baik itu dari segi promosi atau keuangan .ciptakanlah usaha yang terlihat fresh dan memenuhi keinginan konsumen , bisa jadi di bidang kuliner dengan menyajikan menu masakan yang berbeda atau unik dengan nama dan desain tempat yang unik pula , menjadi kreatif dan terlihat beda bisa dilakukan seperti contoh yang saya jabarkan tadi , tidak perlu mesti membuat usaha "cabut tali pocong perawan" ha ha memang terlihat beda , tapi ??? sekali lagi berfikirlah yang lebih kreatif dan masuk akal

2. inovasi
berikan hal hal yang baru kepada masyarakat , tunjukan kejeniusan anda sebagai orang yang bisa meracik sesuatu menjadi beda , seperti contoh malam tadi saya berbincang dengan salah seorang teman tentang membuat sebuah usaha "warnet mobile" ha ha bisa saja kan ? dengan menyewa sebuah angkutan bus atau bahkan jika memiliki cukup modal untuk membelinya, menempatkan warnet berjalan didalamnya dengan langsung menghampiri konsumen tanpa harus menunggu mereka menghampiri kita .. selagi muda kenapa takut berinovasi 

3.Hyperaktif
begitu menggebu , tidak bisa terlalu lama berdiam diri , fighting spirit . berusaha mendapatkan sesuatu apa pun yang kita inginkan, manfaatkan hal ini untuk menggapai kesuksesan usaha anda , jangan hanya digunakan untuk memikat lawan jenis saja anda baru memiliki semangat yang seperti ini , curahkan untuk "proyek masa" depan jauh lebih bijak kan :)

4.Cepat Belajar
pada masa ini , dalam mencerna berbagai hal yang kita sukai cenderung lebih cepat jika dibandingkan tingkatan usia yang lain , bisa menjadi karakter siapa saja yang kita inginkan , gunakan untuk mempelajari tokoh yang bisa kita jadikan panutan . 

Sisi Negatif

1. Gegabah
Terlalu cepat mengambil keputusan tanpa difikirkan secara matang efek yang akan ditimbulkan kelak dikemudian hari

2. Tidak Sabar
Selalu menginginkan kesuksesan secara instan seperti manusia membalikan telapak tangan

3. Egois
Mempertahankan pendapat , prinsip atau suatu pandangan walaupun kita belum memahami betul apa yang kita jalani , mungkin karena ingin di anggap bisa menentukan yang terbaik untuk diri sendiri . JAUHI SIFAT INI

4. Gampang Menyerah
Tidak adanya konsistensi dari visi dan konsep yang ditetapkan sebelumnya .selalu menginginkan jalan pintas untuk mengatasi permasalahan , dan jika menemui jalan buntu maka bukan tidak mungkin mereka akan cepat mengibarkan bendera putih 

5. Labil
Gampang dipengaruhi oleh orang lain atau lingkungan . selalu mengikuti kata hati yang cenderung berubah-ubah , sulit untuk menetapkan sesuatu dan mempertahankannya

6. Terlalu Berani
Terkadang insting saja tidak bisa dijadikan batu pijakan dan jaminan bahwa sebuah usah itu akan berhasil 100% . optimis boleh tapi harus adanya pematangan konsep dan pemahaman marketing yang benar , percuma saja menginvestasikan modal besar jika kita tidak tahu apa yang akan kita mulai .


demikian yang dapat saya jabarkan disini , saya harapkan bisa menjadi manfaat untuk kita semua ( amin ),  disini kita sama sama belajar untuk menjadi manusia yang lebih baik , silahkan tinggalkan komentar karna itu dapat menggambarkan sudut pandang anda . semoga kita bisa mencapai apa yang kita inginkan dalam hidup ini , orang yang tidak memiliki pengetahuan tentang sesuatu dan mau belajar maka lebih untuk memulai lebih baik dari orang yang memiliki pengetahuan tapi hanya berani untuk duduk dan bermimpi :) salam hangat ./ Rino Prantama Putra


1 komentar:

Posting Komentar